FORMULIR SASARAN KERJAPEGAWAI NEGERI SIPIL |
SKPD: |
Dinas Pendidikan |
PERIODE: |
Januari s.d. Desember tahun 2024 |
PEGAWAI YANG DINILAI | PEJABAT PENILAI KINERJA | |||||
Nama | NISA DWI KUMALASARI, S.Pd. | Nama | IKE FIESTA RENNY HAPSARI, S.Pd., M.Pd. | |||
NIP | 199710092022212007 | NIP | 197505222000122003 | |||
Pangkat / Gol Ruang | Penata Muda, III/a | Pangkat / Gol Ruang | Pembina Tingkat I, IV/b | |||
Jabatan | AHLI PERTAMA - GURU MATEMATIKA | Jabatan | Kepala Sekolah SMP Negeri 54 | |||
Unit Organisasi | Dinas Pendidikan | Unit Organisasi | Dinas Pendidikan | |||
No | Rencana Hasil Kerja Pimpinan Yang Diintervensi | Rencana Kinerja | Aspek | Indikator Kinerja Individu | Target | |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | |
A. KINERJA UTAMA | ||||||
1 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Melakukan Pendampingan Kegiatan Kesiswaan yang meliputi kegiatan Ektrakurikuler terfasilitasi sesuai dengan kebutuhan | Kuantitas | Jumlah laporan kegiatan ekstra kulikuler yang terfasilitasi siap dilaporkan | 3 laporan | |
2 | Peserta pelatihan mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah | Peserta pelatihan mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah | Kuantitas | Peserta pelatihan mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah | 3 laporan | |
3 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Kegiatan Diklat Fungsional diikuti sesuai dengan ketentuan | Kuantitas | Kegiatan diklat fungsional yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan | 3 kegiatan | |
4 | Partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan | Partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan | Kuantitas | Jumlah sertifikat Partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan | 2 laporan | |
5 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Kegiatan Kolektif Guru dalam meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru meliputi penyusunan perangkat kurikulum dan pembelajaran serta keikutsertaan pada kegiatan ilmiah (seminar,kologium dan diskusi panel) dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan | Kuantitas | Jumlah kegiatan kolektif guru (seperti kerja kelompok) dalam menyusun perangkat kurikulum dan pembelajaran serta serta keikutsertaan pada kegiatan ilmiah (seminar,kologium dan diskusi panel) yang dilaksanakan | 2 kegiatan | |
6 | Terlaksananya direktif pimpinan yang sesuai dengan sasaran kinerja organisasi, perjanjian kinerja, tugas pokok jabatan Kepala Sekolah | Terlaksananya direktif pimpinan yang sesuai dengan sasaran kinerja organisasi, perjanjian kinerja, tugas pokok jabatan Guru | Kuantitas | Persentase penyelesaian penugasan/direktif pimpinan sesuai target waktu yang ditetapkan | 100 % | |
7 | Terlaksananya peningkatan kualitas praktik pembelajaran Guru | Meningkatnya praktik dukungan psikologis yang berfokus pada umpan balik konstruktif | Kuantitas | Tingkat dukungan psikologis yang berfokus pada umpan balik konstruktif | 100 % | |
8 | Tersusunnya kurikulum operasional satuan pendidikan sebagai acuan dalam peningkatan pembelajaran | Tersusunnya kurikulum operasional satuan pendidikan sebagai acuan dalam peningkatan pembelajaran | Kuantitas | Tingkat kontribusi dalam penyusunan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dengan standar yang digunakan | 100 % | |
9 | Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat | Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat | Kuantitas | Jumlah laporan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat | 1 laporan | |
10 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Pengawasan assesment terhadap proses dan hasil pembelajaran siap dilaporkan secara berkala | Kuantitas | Jumlah laporan pengawasan ujian penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar | 1 laporan | |
11 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Melaksanakan kegiatan pengembangan diri dan pengimbasan pada unit kerja mandiri dalam bidang pendidikan dilaporkan tepat waktu | Kuantitas | Jumlah laporan Karya Tulis yang diseminarkan meliputi publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan, tulisan ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan serta publikasi buku teks pembelajaran, buku pengayaan dan pedoman guru siap dilaporkan | 1 laporan | |
B. KINERJA TAMBAHAN | ||||||
1 | - | Meningkatnya kinerja satuan pendidikan melalui pelaksanaan tugas tambahan sebagai Wali Kelas Lingkup Penugasan: |
Kuantitas | Tingkat kesesuaian pelaksanaan tugas tambahan sebagai Wali Kelas | 1-1 | |
2 | - | Meningkatnya kinerja satuan pendidikan melalui pelaksanaan tugas tambahan sebagai Guru Piket Lingkup Penugasan: |
Kuantitas | Tingkat kesesuaian pelaksanaan tugas tambahan sebagai Guru Piket | 1-2 | |
3 | - | Meningkatnya kinerja satuan pendidikan melalui pelaksanaan tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler Lingkup Penugasan: |
Kuantitas | Tingkat kesesuaian pelaksanaan tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler | 1-1 | |
PERILAKU KERJA | ||||||
1 | Berorientasi Pelayanan | |||||
Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan dapat memahami akan kebutuhan masyarakat. Selalu cekatan, solutif dalam memberikan pelayanan dan melakukan perbaikan tanpa henti |
|||||
Ramah, cekatan solutif dan dapat diandalkan | ||||||
Melakukan perbaikan tiada henti | ||||||
2 | Akuntabel | |||||
Melaksanakan tugas dengan jujur bertanggung jawab cermat disiplin dan berintegritas tinggi | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan selalu memiliki tanggungjawab dan integritas yang tinggi serta turut menjaga Barang Milik Daerah dengan baik dan menjaga kehormatan jabatannya |
|||||
Menggunakan kekayaan dan BMN secara bertanggung jawab efektif dan efisien | ||||||
Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan | ||||||
3 | Kompeten | |||||
Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan memiliki kompetensi yang kuat untuk dapat memberikan layanan yang optimal dan mampu menjawab tantangan perkembangan zaman sesuai ketentuan yang berlaku |
|||||
Membantu orang lain belajar | ||||||
Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik | ||||||
4 | Harmonis | |||||
Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan dapat menjaga etika dimanapun berada serta dapat meningkatkan kepedulian kepada masyarakat dan lingkungan kerja yang kondusif |
|||||
Suka menolong orang lain | ||||||
Membangun lingkungan kerja yang kondusif | ||||||
5 | Loyal | |||||
Memegang teguh ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945, setia pada NKRI serta pemerintahan yang sah | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan selalu berpegang teguh ideologi Pancasila dan menjunjung tinggi simbol-simbol NKRI serta selalu menjaga nama baik sesama rekan kerja, Pimpinan, Instansi dan turut menjaga rahasia Negara |
|||||
Menjaga nama baik sesama ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara | ||||||
Menjaga rahasia jabatan dan negara | ||||||
6 | Adaptif | |||||
Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan mampu meningkatkan kemampuan adaptasinya baik kepada sesama manusia, perkembangan zaman dan teknologi serta meningkatkan kreatifitas |
|||||
Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas | ||||||
Bertindak proaktif | ||||||
7 | Kolaboratif | |||||
Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan selalu dapat memberikan kesempatan orang lain untuk maju, selalu terbuka dalam kebersamaan tugas demi tercapainya sasaran kinerja yang baik |
|||||
Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah | ||||||
Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumberdaya untuk tujuan bersama |
|
LAMPIRAN SASARAN KINERJA PEGAWAI |
SKPD: |
Dinas Pendidikan |
PERIODE: |
Januari s.d. Desember tahun 2024 |
Dukungan Sumber Daya |
Dukungan sarana dan prasarana serta IT yang memadai seperti komputer, printer, ATK, dan koneksi internet. |
Skema Pertanggungjawaban |
Monitoring, evaluasi, realisasi pekerjaan dan laporan administrasi kegiatan belajar mengajar. |
Konsekuensi |
Jika dapat memenuhi target kinerja tepat waktu maka akan diberikan penambahan poin untuk penilaian SKP. |
|
PENILAIAN CAPAIAN SASARAN KINERJAPEGAWAI NEGERI SIPIL |
SKPD: |
Dinas Pendidikan |
PERIODE: |
Januari s.d. Desember tahun 2024 |
PEGAWAI YANG DINILAI | PEJABAT PENILAI KINERJA | ||||||
Nama | NISA DWI KUMALASARI, S.Pd. | Nama | IKE FIESTA RENNY HAPSARI, S.Pd., M.Pd. | ||||
NIP | 199710092022212007 | NIP | 197505222000122003 | ||||
Pangkat / Gol Ruang | Penata Muda, III/a | Pangkat / Gol Ruang | Pembina Tingkat I, IV/b | ||||
Jabatan | AHLI PERTAMA - GURU MATEMATIKA | Jabatan | Kepala Sekolah SMP Negeri 54 | ||||
Unit Organisasi | Dinas Pendidikan | Unit Organisasi | Dinas Pendidikan | ||||
CAPAIAN KINERJA ORGANISASI | |||||||
Baik | |||||||
POLA DISTRIBUSI | |||||||
![]() |
|||||||
HASIL KERJA | |||||||
No | Rencana Hasil Kerja Pimpinan Yang Diintervensi | Rencana Hasil Kerja | Aspek | Indikator Kinerja Individu | Target | Realisasi Berdasarkan Bukti Dukung | Umpan Balik Berkelanjutan |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) |
A. KINERJA UTAMA | |||||||
1 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Melakukan Pendampingan Kegiatan Kesiswaan yang meliputi kegiatan Ektrakurikuler terfasilitasi sesuai dengan kebutuhan | Kuantitas | Jumlah laporan kegiatan ekstra kulikuler yang terfasilitasi siap dilaporkan | 3 laporan | 3 laporan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
2 | Peserta pelatihan mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah | Peserta pelatihan mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah | Kuantitas | Peserta pelatihan mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah | 3 laporan | 3 laporan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
3 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Kegiatan Diklat Fungsional diikuti sesuai dengan ketentuan | Kuantitas | Kegiatan diklat fungsional yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan | 3 kegiatan | 3 kegiatan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
4 | Partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan | Partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan | Kuantitas | Jumlah sertifikat Partisipan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan/atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan | 2 laporan | 2 laporan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
5 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Kegiatan Kolektif Guru dalam meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru meliputi penyusunan perangkat kurikulum dan pembelajaran serta keikutsertaan pada kegiatan ilmiah (seminar,kologium dan diskusi panel) dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan | Kuantitas | Jumlah kegiatan kolektif guru (seperti kerja kelompok) dalam menyusun perangkat kurikulum dan pembelajaran serta serta keikutsertaan pada kegiatan ilmiah (seminar,kologium dan diskusi panel) yang dilaksanakan | 2 kegiatan | 2 kegiatan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
6 | Terlaksananya direktif pimpinan yang sesuai dengan sasaran kinerja organisasi, perjanjian kinerja, tugas pokok jabatan Kepala Sekolah | Terlaksananya direktif pimpinan yang sesuai dengan sasaran kinerja organisasi, perjanjian kinerja, tugas pokok jabatan Guru | Kuantitas | Persentase penyelesaian penugasan/direktif pimpinan sesuai target waktu yang ditetapkan | 100 % | 100 % | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
7 | Terlaksananya peningkatan kualitas praktik pembelajaran Guru | Meningkatnya praktik dukungan psikologis yang berfokus pada umpan balik konstruktif | Kuantitas | Tingkat dukungan psikologis yang berfokus pada umpan balik konstruktif | 100 % | 100 % | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
8 | Tersusunnya kurikulum operasional satuan pendidikan sebagai acuan dalam peningkatan pembelajaran | Tersusunnya kurikulum operasional satuan pendidikan sebagai acuan dalam peningkatan pembelajaran | Kuantitas | Tingkat kontribusi dalam penyusunan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dengan standar yang digunakan | 100 % | 100 % | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
9 | Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat | Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat | Kuantitas | Jumlah laporan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat | 1 laporan | 1 laporan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
10 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Pengawasan assesment terhadap proses dan hasil pembelajaran siap dilaporkan secara berkala | Kuantitas | Jumlah laporan pengawasan ujian penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar | 1 laporan | 1 laporan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
11 | Program Kerja Tahunan Sekolah jenjang SMP disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran berjalan | Melaksanakan kegiatan pengembangan diri dan pengimbasan pada unit kerja mandiri dalam bidang pendidikan dilaporkan tepat waktu | Kuantitas | Jumlah laporan Karya Tulis yang diseminarkan meliputi publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan, tulisan ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan serta publikasi buku teks pembelajaran, buku pengayaan dan pedoman guru siap dilaporkan | 1 laporan | 1 laporan | Kinerja yang dilaporkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan |
B. KINERJA TAMBAHAN | |||||||
1 | - | Meningkatnya kinerja satuan pendidikan melalui pelaksanaan tugas tambahan sebagai Wali Kelas Lingkup Penugasan: |
Kuantitas | Tingkat kesesuaian pelaksanaan tugas tambahan sebagai Wali Kelas | 1-1 | ||
2 | - | Meningkatnya kinerja satuan pendidikan melalui pelaksanaan tugas tambahan sebagai Guru Piket Lingkup Penugasan: |
Kuantitas | Tingkat kesesuaian pelaksanaan tugas tambahan sebagai Guru Piket | 1-2 | ||
3 | - | Meningkatnya kinerja satuan pendidikan melalui pelaksanaan tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler Lingkup Penugasan: |
Kuantitas | Tingkat kesesuaian pelaksanaan tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler | 1-1 | ||
RATING HASIL KERJA | |||||||
Sesuai Ekspektasi | |||||||
PERILAKU KERJA | UMPAN BALIK BERKELANJUTAN BERDASARKAN BUKTI DUKUNG | ||||||
1 | Berorientasi Pelayanan | ||||||
Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan dapat memahami akan kebutuhan masyarakat. Selalu cekatan, solutif dalam memberikan pelayanan dan melakukan perbaikan tanpa henti |
Umpan Balik Pimpinan:
Sudah berusaha melakukan perbaikan tiada henti dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat |
|||||
Ramah, cekatan solutif dan dapat diandalkan | |||||||
Melakukan perbaikan tiada henti | |||||||
2 | Akuntabel | ||||||
Melaksanakan tugas dengan jujur bertanggung jawab cermat disiplin dan berintegritas tinggi | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan selalu memiliki tanggungjawab dan integritas yang tinggi serta turut menjaga Barang Milik Daerah dengan baik dan menjaga kehormatan jabatannya |
Umpan Balik Pimpinan:
Mampu melaksanakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab serta menggunakan barang milik Negara secara bertanggung jawab |
|||||
Menggunakan kekayaan dan BMN secara bertanggung jawab efektif dan efisien | |||||||
Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan | |||||||
3 | Kompeten | ||||||
Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan memiliki kompetensi yang kuat untuk dapat memberikan layanan yang optimal dan mampu menjawab tantangan perkembangan zaman sesuai ketentuan yang berlaku |
Umpan Balik Pimpinan:
Mampu meningkatkan kompetensi diri dan membantu orang lain belajar. |
|||||
Membantu orang lain belajar | |||||||
Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik | |||||||
4 | Harmonis | ||||||
Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan dapat menjaga etika dimanapun berada serta dapat meningkatkan kepedulian kepada masyarakat dan lingkungan kerja yang kondusif |
Umpan Balik Pimpinan:
Mampu membantu dan menghargai orang lain serta membangun lingkungan kerja yang kondusif. |
|||||
Suka menolong orang lain | |||||||
Membangun lingkungan kerja yang kondusif | |||||||
5 | Loyal | ||||||
Memegang teguh ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945, setia pada NKRI serta pemerintahan yang sah | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan selalu berpegang teguh ideologi Pancasila dan menjunjung tinggi simbol-simbol NKRI serta selalu menjaga nama baik sesama rekan kerja, Pimpinan, Instansi dan turut menjaga rahasia Negara |
Umpan Balik Pimpinan:
Mampu menjaga nama baik ASN dan memegang teguh ideologi Pancasila |
|||||
Menjaga nama baik sesama ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara | |||||||
Menjaga rahasia jabatan dan negara | |||||||
6 | Adaptif | ||||||
Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan mampu meningkatkan kemampuan adaptasinya baik kepada sesama manusia, perkembangan zaman dan teknologi serta meningkatkan kreatifitas |
Umpan Balik Pimpinan:
Mampu terus melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas serta dapat beradaptasi dengan perubahan |
|||||
Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas | |||||||
Bertindak proaktif | |||||||
7 | Kolaboratif | ||||||
Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi | Ekspektasi Khusus Pimpinan:
Pegawai yang bersangkutan selalu dapat memberikan kesempatan orang lain untuk maju, selalu terbuka dalam kebersamaan tugas demi tercapainya sasaran kinerja yang baik |
Umpan Balik Pimpinan:
Mampu bekerjasama dengan baik |
|||||
Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah | |||||||
Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumberdaya untuk tujuan bersama | |||||||
RATING PERILAKU KERJA | |||||||
Sesuai Ekspektasi | |||||||
PREDIKAT KINERJA PEGAWAI | |||||||
Baik |
|
Dicetak Pada 2025-05-17 01:05:03 WIB | Format PERMENPANRB No. 6 Tahun 2022 |